Islam Untuk Semua Umat

Iman Kepada Takdir

1.3 Iman Kepada Takdir

1.3a. Takdir Baik dan Buruk
Juga termasuk adalah keimanan dalam Takdir baiknya dan buruknya, manisnya dan pahitnya. Semua ini telah ditakdirkan oleh Allah, Tuhan kita. Segala sesuatu telah diputuskan di tangan-Nya dan cara mereka terjadi tergantung takdir-Nya. Ia tahu segala sesuatu sebelum mereka terjadi dan mereka mengambil tempat dalam cara yang Ia telah putuskan.

1.3b. Pengetahuan tentang Takdir
Tidak ada sesuatu pun yang hamba-hamba Nya katakan atau lakukan yang Ia tidak takdirkan dan tidak memiliki pengetahuan tentangnya. "Bukankah Ia yang menciptakan tahu, sedangkan Ia Maha Lembut dan Maha Mengetahui" (67:14)

1.3c. Takdir Tabiat Manusia
Ia menyesatkan siapa saja yang Ia kehendaki dan keadilan-Nya memerosotkan mereka dan Ia membimbing siapa saja yang Ia kehendaki dan kemurahan-Nya menghadiahkan mereka kesuksesan. Dengan cara itu setiap orang dimudahkan oleh-Nya terhadap apa yang Ia telah memiliki pengetahuan tentangnya dan telah sebelumnya ditakdirkan sebagai apakah mereka menjadi di antara yang beruntung atau celaka.

1.3d. Ketinggian Kuasa Allah
Ia ditinggikan di atas segala sesuatu yang Ia tidak kehendaki di dalam kerajaan-Nya, atau bahwa tidak ada sesuatu pun yang tidak bergantung pada-Nya, atau tidak ada pencipta pun selain-Nya, Tuhan semua manusia, Tuhan dari perbuatan mereka, Satu yang menakdirkan gerakan-gerakan mereka dan waktu kematian mereka.


****************

Aqidah Seorang Muslim
Oleh Abu-l-Hasani-l-Asy'ari

Temukan artikel-artikel tentang Islam lainnya di http://lintas-islam.blogspot.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori aqidah dengan judul Iman Kepada Takdir. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lintas-islam.blogspot.com/2011/04/iman-kepada-takdir.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Lintas Islam - Thursday, April 21, 2011

Belum ada komentar untuk "Iman Kepada Takdir"