Islam Untuk Semua Umat

Ujian Nabi Ayyub


Makam Nabi Ayyub AS

Perlu diketahui bahwa cobaan yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Ayyub a.s. adalah terdiri dari empat macam cobaan.

Meliputi cobaan atas kebangkrutan (pailit) kekayaannya, kematian semua anak-anaknya, kerusakan pada tubuhnya dan diasingkan oleh masyarakat kecuali hanya istrinya saja yang setia menemani.

Kehancuran harta kekayaan Nabi Ayyub a.s. terdiri dari unta, sapi, kambing, gajah, khimar (keledai). Kekayaan lain milik  Beliau adalah 500 hektar tanah persawahan, semuanya digarap oleh 500 orang, pada setiap orang mempunyai anak istri. Pengikut Beliau terdiri dari 3 golongan semua telah beriman dan masih berusia muda.

Iblis yang diberikan kekuasaan oleh Allah SWT dapat turun naik dari bumi ke langit sewaktu dikehendaki, mempunyai maksud naik ke langit. Tiba-tiba Iblis mendengar para malaikat membaca Sholawat atas Nabi Ayyub a.s. Saat itu juga timbullah rasa hasud di dalam hatinya. Ia berkata memohon kepada Allah SWT: “Wahai tuhan, sekarang ini aku memang telah menyaksikan sendiri hamba-mu Ayyub sangat rajin bersyukur seraya memuji kepada-mu. Tetapi kalau engkau memberi cobaan kepadaku tentu dia tidak akan bersyukur dan tidak pula mentaatinya.

Allah SWT berfirman kepada Iblis: “Baik, silakan kamu merangkap. Sekarang aku beri kekuasaan kepadamu untuk mencoba Ayyub a.s. melalui harta kekayaannya.”

Iblis berangkat. Ia mengumpulkan semua anak buah terdiri dari syaitan dan jin ia katakan kepada mereka: “Sekarang aku telah diberi wewenang untuk mencoba Ayyub a.s. melalui hartanya”

Lebih lanjut iblis berkata lagi: “Ifrit, sekarang  kau kuberi tugas membakar tempat penggembalaan unta-unta milik Ayyub a.s. dan sekaligus membunuh semua unta-unta itu. Laksanakan !”

Iblis datang menjumpai Ayyub a.s., saat mana ketika itu Beliau sedang melaksanakan sholat. Iblis berkata kepadanya: “Tempat penggembalaan unta-untamu terbakar, dan seluruh unta milikmu ikut terbakar pula.”

Apa kata Nabi Ayyub a.s.: “Alhamdulillah. Allah SWT sendiri yang memberikan kekayaan itu kepadaku dan hanya dia saja yang berhak mengambil kembali.”

Iblis tidak berhenti sampai disitu. Ia meningkat lagi pada kekayaan yang lain. Ia hancurkan semua kambing milik Nabi Ayyub a.s., berikut tempat penggembalaannya. Ia datang ke Nabi Ayyub a.s. seraya memberitahukan peristiwa itu.

“Angin panas telah menghancurkan kebunnya, tidak ada yang tersisa sedikitpun,” kata iblis sehabis merusak semua kebun milik Nabi Ayyub a.s.

Apa kata Nabi Ayyub a.s.: “Ahamdulillah...” kemudian Beliau memuji Allah SWT dan menyanjung-Nya.

Usaha iblis belum berhenti sampai disitu. Ia kembali menghadap Allah SWT seraya memohon agar diberi kekuasaan untuk mencoba Nabi Ayyub a.s. melalui anak-anaknya.

Allah berkata:”Silakan, pergilah. Aku memberi kekuasaan penuh kepadamu untuk mencoba Ayyub melalui anak-anaknya.”

Iblis berangkat. Yang dituju adalah gedung tempat anak-anak Nabi Ayyub a.s. berlindung di bawahnya. Gedung itu diguncang lalu hancur menindih habis anak-anak Nabi Ayyub a.s., semuanya mati. Iblis lalu memberi Nabi Ayyub a.s. tentang bencana yang menimpa anak-anaknya.

Apa reaksi Beliau? Nabi Ayyub a.s. malah beristighfar memohon ampun kepada Allah SWT.

Usaha iblis tetap tidak menghasilkan apapun untuk merubah ketaatan Nabi Ayyub a.s. Beliau tetap taat kepada Allah SWT dan bersyukur kepada-Nya. Iblis kembali menghadap Allah SWT seraya memohon agar diberi kekuasaan untuk mengujinya. Allah berkata kepadanya: “Silakan. Aku beri kekuasaan kepadamu untuk menguji melalui tubuh, lisan dan akalnya. Tetapi bukan hatinya.”

Iblis segera berangkat untuk menggoda Nabi Ayyub a.s. Sampai ketempat yang dituju ternyata Beliau sedang bersujud. Iblis datang dari arah kepala Beliau, lalu meniup kedua lubang hidungnya dengan sekali tiup. Seketika itu badan Nabi Ayyub a.s. serasa gatal-gatal.

Makin lama terasa semakin gatal. Nabi Ayyub a.s. menggaruk-garuk bagian-bagian tubuh yang gatal dengan ujung-ujung jemarinya. Tetapi belum juga hilang gatal-gatal itu.

Nabi Ayyub a.s. mencoba menggaruk-garuknya dengan kain kasar. Belum juga hilang gatal-gatal itu. Lalu menggunakan kerewang (pecahan gerabah) dan batu. Beliau tidak henti-hentinya menggaruk badannya hingga melepuh, sehingga bernanah dan berbau busuk. Masyarakat sekitarnya menganggap berbahaya terhadap penyakit yang sedang dialami Nabi Ayyub a.s. Mereka sepakat mengasingkan Beliau ke luar daerah. Beliau terusir ke tempat yang kotor. Mereka membuatkan untuk Beliau sebuah gubuk yang hanya ditemani istrinya yang bernama Rahmah.

Meskipun demikian istri beliau, Rahmah, selalu setia melayaninya. Ia berbuat baik sekali kepadanya. Ia perlakukan suaminya penuh kasih sayang.  Kebutuhan-kebutuhan makan dan minumnya selalu diperhatikan. Kaum Nabi Ayyub a.s. yang mendeportasi dirinya terdiri dari tiga golongan. Namun begitu semuanya masih tetap dalam keimanan semula. Mereka tidak meninggalkan agamanya.


Diambil dari kitab UQUD AL-LUJAIN FIY BAYAANI HUQUQ AL-ZAUJAIN, karya Syekh Nawawi Al Bantani.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori akhlak / keluarga / tashawuf dengan judul Ujian Nabi Ayyub. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lintas-islam.blogspot.com/2013/01/ujian-nabi-ayyub.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Lintas Islam - Thursday, January 17, 2013

5 komentar untuk "Ujian Nabi Ayyub"

herizal alwi said...

KENAPA AKU DIUJI?
Surah Al-Ankabut ayat 2-3
Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:"Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

KENAPA UJIAN SEBERAT INI?
Surah Al-Baqarah ayat 286
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.
ketika nikmat(ujian) Allah datang menghampiri kita.

beruntunglah bagi seorang Muslim itu, jika diberi ujian ia bersabar dan jika diberi nikmat ia bersyukur

BAGAIMANA AKU HARUS MENGHADAPINYA?
Surah Al-Imran ayat 200
Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.
Surah Al-Baqarah ayat 45
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',

APA YANG AKU DAPAT DARI SEMUA INI?
Surah At-Taubah ayat 111
Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu'min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka.

Tetap semangat menghadapi kehidupan ini yaaa..!!

Royyan Ahmad said...

👍👍👍👍👍

Pecintaboba said...

Mantapppp .tks min. Commentnya juga mantap. Ijin copas

Anonymous said...

Kisah Iblis bertemu Allah dipermulaan kisah Nabi Ayyub ini telah dicungkil dari mana? Surah apa? Ayat berapa?

Erti Wahyu said...

🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦 🇧 🇦 🇯 🇦