Islam Untuk Semua Umat

Islam dan Barat

Seorang mantan biarawati Katolik dan penulis buku tentang banyak agama dunia termasuk Islam, penulis Inggris - Karen Armstrong berbicara tentang pandangan Barat terhadap Islam, suasana setelah 11 September dan harapan untuk hubungan yang lebih baik antara Islam dan Barat.

"Apa konsesi yang harus lebih banyak dibuat oleh Barat untuk Muslim? Kapan kita harus menarik garis dan berhenti mengorbankan cita-cita kita?" Pertanyaan itu diajukan oleh seorang muda Inggris di akhir kuliah tentang "Memahami Islam" di Oxford University's Institute for American Studies di Inggris. Walaupun banyak pertanyaan-pertanyaan mengungkapkan keprihatinan dan asumsi Barat, serta sejauh mana suasana anti-Islam telah berlangsung di Barat sejak serangan terhadap New York dan Washington pada tanggal 11 September tahun lalu, jawabannya cepat. "Muslim tidak meminta kita untuk menyerah akan cita-cita dan nilai-nilai kita. Sebaliknya, adalah Barat yang tidak menghormati cita-cita yang sangat ideal ini ketika berhadapan dengan Muslim dan Islam," berkata dosen, Karen Armstrong, seorang biarawati Katolik yang berganti menjadi teolog Kristen.

Setelah belajar bahasa Inggris di Oxford, Armstrong menjadi biarawati, dan 17 tahun kemudian ia meninggalkan biara dan menulis sebuah buku berjudul Through the Narrow Gate (1981), di mana hidupnya bertahun-tahun dihabiskan di sana. Kemudian diikuti oleh buku-buku berikutnya, seperti The First Christian, Tongues of Fire, The Gospel According to Woman, Holy War and Muhammad. Pada tahun 1993 ia menerbitkan karya penting pada tiga agama monoteistik berjudul The History of God: From Abraham to the Present. Penjualan buku ini sangat baik dan diikuti oleh buku laris lainnya, Muhammad: a Biography of the Prophet pada tahun 1996.

Dalam pandangan Armstrong, apa yang diungkapkan oleh 11 September adalah "kesadaran baru" yang mencolok pada integritas budaya Barat dan sistem nilainya. "Kita menyamar sebagai masyarakat yang toleran, namun memberikan penilaian dari posisi ekstrem dan irasionalitas," Armstrong (58 tahun) mengatakan dalam wawancara eksklusif dengan the Weekly di rumahnya di London.

Sejak serangan, Armstrong telah menjalani misinya di Amerika Serikat dan Amerika Selatan untuk berceramah tentang Islam. Hal ini bukanlah perkara mudah. "11 September telah mengkonfirmasi pandangan tentang Islam yang telah berusia berabad-abad, yaitu bahwa Islam sebagai agama kekerasan dan tidak toleran terhadap orang lain," katanya, memberikan pandangan mengenai situasi di Amerika Serikat sembilan bulan setelah serangan.

"Kejadian ini telah menjadi kejutan besar bagi Amerika, dan mereka sekarang dalam keadaan mati rasa dan depresi," jelas Armstrong. "Masih ada banyak permusuhan dan kemarahan ditujukan terhadap masyarakat Muslim di sana. Ada beberapa alasan untuk percaya bahwa perubahan pada persepsi orang-orang Amerika tidak mungkin terjadi"

"Di Pantai Timur di mana aku menghabiskan sebagian besar waktuku, orang turun secara besar-besaran ke toko buku dan mengosongkan semua rak yang mereka dapat temukan tentang Islam. Sementara beberapa orang melakukan ini untuk mengkonfirmasi prasangka lama dan ketakutan - tergantung siapa yang Anda pilih sebagai pembaca - mayoritas mereka sangat ingin belajar tentang Islam". Bahkan, buku Armstrong sendiri, Understanding Islam (Memahami Islam), telah terjual lebih dari seperempat juta kopi di Pantai Timur Amerika Serikat saja. Dan banyak pertanyaan yang diajukan kepada Armstrong selama tur kuliahnya mencerminkan tidak hanya rasa ingin tahu yang lebih besar tentang Islam, tetapi juga betapa dalamnya berakar representasi media terhadap Islam dalam jiwa masyarakat Amerika.

Pertanyaan kuncinya adalah, "mengapa mereka membenci kita?" Armstrong berkata, diikuti oleh yang lainnya, seperti: "Apa yang Muslim pikir tentang orang-orang Kristen dan Yahudi? Apakah Islam adalah agama kekerasan? Mengapa kita selalu mendengar retorika buruk tentang Kristen? Bagaimana wanita-wanita dalam Islam? Apakah Islam menentang modernitas?"

Dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan tersebut, Armstrong mengambil garis tipis antara mendekonstruksi stereotip lama yang diyakini selama ini, sementara pada saat yang sama tidak melakukan apologi. Dia mencatat bahwa terdapat perbedaan dalam cara pandangnya diterima di AS dan di Eropa. "Salah satu hal baik tentang orang Amerika adalah bahwa mereka ingin tahu," katanya. "Ada kesungguhan pada mereka yang tidak terdapat pada masyarakat Eropa seperti Belanda, misalnya. Mereka terbuka terhadap kritik dengan cara yang tidak ada di Eropa, di mana orang menganggap mereka sudah tahu itu semua"

Pada usia 19 tahun, Armstrong bergabung dengan sebuah biara Katolik, tinggal di sana selama 17 tahun sebelum memutuskan untuk meninggalkannya dalam rangka mempelajari agama monoteistik dunia, dimulai dengan Islam. Apakah ia berpikir bahwa institusi agama di Barat - yaitu gereja itu sendiri - bertanggung jawab atas permusuhan Barat terhadap budaya Islam?

"Doktrin anti-Islam dibangun dalam etos Barat yang dibentuk selama Perang Salib," katanya. "Ini adalah periode ketika dunia Barat kembali  mendefinisikan dirinya sendiri. Abad ke-11 menandai berakhirnya Abad Kegelapan di Eropa dan awal dari Eropa Baru. Perang Salib adalah aksi kerjasama pertama dari seluruh Eropa baru, dan seluruh etos Perang Salib membentuk jiwa dari para aktor-aktor pelaku kunci di saat penting ini. "

"Islam adalah subyek asing klasik, dan orang-orang membenci Islam di Eropa sebagaimana orang di Dunia Ketiga membenci Amerika Serikat (AS) pada saat ini. Bisa dikatakan bahwa Islam pada saat itu adalah kekuatan terbesar dunia, dan itu terus berlangsung sampai pada tahun-tahun awal kekaisaran  Ottoman. Muslim ada di mana-mana di Timur Tengah, Turki, Iran, Asia Tenggara, Cina. Kemana pun orang pergi, ada Islam, dan kuat, dan orang-orang merasa hal itu sebagai ancaman.

Periode Perang Salib adalah momen bersejarah penting pada saat Barat mendefinisikan dirinya sendiri, dan Islam menjadi patokan untuk mengukur diri sendiri itu. "Islam adalah segala sesuatu yang tidak seperti dipikirkan, dan pada saat Perang Salib gagasan bahwa Islam pada dasarnya adalah agama kekerasan dipegang di Barat. Eropa memproyeksikan kecemasan tentang perilaku mereka sendiri kepada Islam, dan mereka juga melakukan hal yang sama terhadap orang-orang Yahudi," kata Armstrong.

Bahkan dalam masyarakat non-religius seperti Inggris, Armstrong yakin bahwa prasangka buruk terhadap Islam masih ada, ia mengatakan bahwa "Aku pikir sudah terbangun pada diri orang-orang bahwa Islam adalah agama kekerasan." Perasaan bermusuhan diberi kehidupan baru selama periode kolonial, Armstrong berpendapat, karena banyak negara jajahan adalah negara-negara Muslim, dan kekuasaan kolonial melihat di dalamnya apa yang mereka anggap sebagai keterbelakangan, memberikan atribut ini kepada Islam.

Meskipun dia merasa bahwa kampus universitas hampir hanya tempat di Amerika Serikat di mana pertanyaan-pertanyaan besar ditanyakan, Armstrong mengatakan bahwa peristiwa 11 September telah membagi akademisi AS menjadi dua kubu. Kubu pertama, yang dipimpin oleh Martin Kramer, kepala Near and Middle East Studies Institute di Washington DC, menuduh Armstrong, bersama dengan akademisi seperti John Esposito, kepala Islamic-Christian Dialogue di Georgetown University, sebagai orang-orang 'bodoh' yang percaya bahwa Islam bukanlah ancaman. Kramer berargumen bahwa klaim mereka telah terbukti salah dengan adanya serangan. Hanya beberapa minggu setelah 11 September, Kramer menulis sebuah artikel, Ivory Towers Built on Sand (Menara Gading Dibangun Di Atas Pasir), di mana ia menyalahkan akademisi atas kegagalan mereka memprediksi kekejaman.

Armstrong menjelaskan bagaimana media di AS berusaha untuk membungkam suara yang melawan klaim ini setelah 11 September. Sebagai contoh, dia telah ditugaskan oleh majalah New Yorker menulis sebuah artikel tentang Islam, tetapi artikel itu dimatikan dan majalah tersebut menerbitkan artikel lain oleh akademisi Bernard Lewis sebagai gantinya.

"Mereka mengira Aku seorang apologis bagi umat Islam, karena artikelku adalah tentang nabi sebagai pembawa damai, dan ini tidak sesuai dengan agenda mereka seperti yang Lewis lakukan. Baik Lewis dan Kramer adalah Zionis setia yang menulis dari posisi bias ekstrim. Tetapi orang-orang perlu tahu bahwa Islam adalah agama universal, dan bahwa tidak ada yang agresif oriental atau anti-Barat tentang hal itu. Garis Lewis, di sisi lain, mengatakan bahwa Islam adalah agama kekerasan," katanya.

Sebelumnya, pada pertengahan 1980-an, Armstrong ditugaskan oleh televisi Channel Four di Inggris untuk membuat film dokumenter tentang kehidupan St Paul. Ini memerlukan kunjungan ke Tanah Suci dan Yerusalem. Namun, ketika Armstrong pergi ke Israel dan melihat jenis rasisme terhadap orang Arab yang mendominasi masyarakat Israel, ia menyadari bahwa "ada sesuatu yang secara fundamental salah" terjadi di Israel.

"Saya sangat terkejut bahwa orang bisa memanggil orang lain 'dirty Arab' (Arab Kotor) ketika beberapa 30 atau 40 tahun sebelumnya mereka telah disebut di Eropa sebagai 'dirty Jews' (Yahudi Kotor). Saya terkesima oleh ketidakmampuan orang-orang Yahudi untuk belajar dari penderitaan masa lalu, tetapi tentu saja adalah sifat manusia bahwa penderitaan tidak membuat kita lebih baik; Masalah dengan Israel sekarang adalah mereka tidak percaya bahwa sekarang bukan tahun 1939 lagi; orang-orang Israel secara emosional terjebak dalam kengerian era Nazi," katanya.

Mungkinkah ini merupakan taktik Israel untuk memanipulasi opini publik? Armstrong menjawab bahwa "Aku tidak berpikir bahwa ini adalah kasus pada tingkat mendalam. Tentu saja, ada politisi yang akan menggunakan ini, tetapi aku pikir ada ketidakmampuan yang mendalam di antara orang-orang Israel untuk percaya bahwa mereka telah meninggalkan masa lalu di belakang mereka. Mereka masih menganggapnya sebagai periode kelemahan Yahudi, padahal sebenarnya saat itu adalah periode kekuasaan Yahudi. "

"Barat harus berbagi tanggung jawab atas apa yang terjadi di Timur Tengah. Jika mereka tidak menganiaya orang Yahudi, tidak akan menjadi kebutuhan untuk menciptakan Negara Israel itu. Dunia Muslim tidak melakukan apa-apa  terhadap Yahudi, dan orang-orang Palestina membayar harga untuk dosa-dosa Eropa. Oleh karena itu solusi harus ditemukan karena tidak akan ada perdamaian di dunia tanpa solusi tersebut. Tetapi jika Israel memiliki Amerika di belakangnya, tidak perlu khawatir tentang apa yang seluruh dunia pikirkan. Ini memberikan rasa kemahakuasaan. Pada saat tidak ada harapan; mereka, orang-orang Israel, bisa melakukan apa yang mereka inginkan karena Amerika akan selalu mendukung mereka. Aku berharap Eropa akan memainkan peran lebih baik, tetapi Mr Blair berjalan di belakang Mr. Bush seperti seekor pudel."

Armstrong berpendapat bahwa pendudukan Israel bertanggung jawab atas jenis resistensi kekerasan yang dijumpai pada orang-orang Palestina. "Resistensi akan sama kejam dan kerasnya sebagaimana pendudukan Israel," katanya. "Setiap pendudukan melahirkan perlawanan." Armstrong berpendapat bahwa fenomena pembom bunuh diri Palestina lebih berkaitan dengan politik dan putus asa daripada yang dilakukannya akibat agama. "Aku tidak berpikir orang duduk di rumah dan membaca Al Qur'an dan berkata, ya, aku harus pergi dan membom Israel. Ini bukan bagaimana agama bekerja dan aku melihat hanya keputusasaan mutlak ketika orang tidak memiliki sesuatu untuk kehilangan. Palestina tidak memiliki F-16, dan mereka tidak memiliki tank. Mereka tidak punya apa-apa untuk menyamai pasukan Israel. Mereka hanya punya tubuh mereka sendiri. "

"Kekerasan dari apapun selalu melahirkan kekerasan, dan pendudukan itu sendiri adalah tindakan kekerasan ekstrim, dominasi dan penindasan. Cara pergerakan secara agresif telah menimbulkan pertentangan bagi warga Palestina"

Sementara ia percaya bahwa telah terjadi pergeseran dalam cara opini publik Inggris memandang perjuangan Palestina, ia memperingatkan bahwa pembunuhan warga sipil bisa menciptakan sebuah serangan balik. "Dalam liputan berita setelah setiap bom bunuh diri, yang Anda lihat adalah seorang ibu Israel dengan anak-anak mereka berbicara dalam bahasa Inggris tentang penderitaan mereka. Seseorang tidak bisa melihat penderitaan yang sama dari ibu Palestina dan anak-anak mereka, meskipun mereka adalah pihak yang lemah dalam konflik."

"Armstrong berpikir bahwa tuduhan anti-Semitisme di Eropa dimainkan oleh tangan lobi Zionis di Amerika karena ini akan mendiskreditkan apapun yang Eropa katakan. Mereka mengatakan Eropa adalah anti-Semit karena untuk pertama kalinya Eropa menjadi sadar akan penderitaan para warga Palestina.  Ini adalah bagian dari kampanye untuk mendiskreditkan masukan Eropa dalam proses perdamaian di masa depan."

Beralih ke peningkatan ekstrim kanan dalam politik Eropa baru-baru ini, Armstrong merasa bahwa mereka lebih memilih bermusuhan dengan penduduk Muslim Eropa daripada harus dengan orang Yahudi Eropa.

Namun, dia berkata, "Aku pikir itu ada hubungannya dengan ras dan bukan dengan agama, terutama di Inggris di mana orang tidak tertarik dengan agama. Kerusuhan di tempat-tempat seperti Bradford, misalnya, ada hubungannya dengan ras. Di Eropa Utara ada sedikit ketertarikan pada agama, atau pengetahuan tentang agama. Hal ini tidak terjadi di sini bahwa orang-orang dibakar oleh semangat keagamaan seperti pada masyarakat Muslim, karena mereka tidak tertarik pada agama sama sekali. Di Amerika, di sisi lain,  orang-orang tertarik pada agama dan ingin mengetahui tentang keyakinan Muslim. Di sini, mereka tidak peduli; mereka hanya tidak ingin umat Islam di negara mereka. Mereka ingin White England for White English people (Inggris putih untuk orang-orang kulit putih Inggris-pen).

"Kita harus mengambil kelompok sayap kanan ekstrim sangat serius," katanya. "Ini adalah bentuk fundamentalisme Eropa, karena kita tidak menyatakan ketidakpuasan dalam bentuk agama seperti yang keluar dalam cara sayap-kanan. Ini adalah keinginan untuk memiliki kelompok yang terdefinisi jelas dikombinasikan dengan menimbulkan rasa takut terhadap yang lainnya - suatu rasa kemarahan terpendam dan kekecewaan dengan masyarakat multi kultur  memberikan tempat kepada emosi jenis ini, yang memberi jalan kepada fundamentalisme."

Muhammad: a Biography of the Prophet karya Armstrong telah terjual jutaan kopi sejak muncul pada tahun 1996, dan dia telah terbiasa dengan tuduhan sebagai "seorang apologis untuk Islam", sementara ia tidak peduli dengan retorika tersebut. "Sangat bagus bahwa orang berpikir buku ini ditulis oleh seorang Muslim," katanya, "tapi apa yang seorang sarjana keagamaan coba untuk lakukan adalah untuk masuk ke dalam agama melalui lompatan imajinasi, untuk memahami tidak hanya kepercayaan, atau sejarah dan doktrin, tetapi juga nuansa yang mendasari agama, dan aku mencoba untuk melakukan hal ini dengan semua agama dan tidak hanya dengan Islam. Aku adalah orang yang sama ketika menulis sejarah Yudaisme, dan aku melakukan hal yang sama sekarang bahwa aku sedang menulis biografi Sang Buddha. "

Armstrong saat ini juga bekerja pada sejarah dari periode 800 SM hingga 200 Masehi ketika banyak agama besar dunia muncul. "Eropa," katanya, "adalah tentang satu-satunya tempat di mana agama tidak terlalu menjadi masalah.  Orang-orang di Eropa mungkin perlu mencuci pikiran mereka semua yang buruk dan malas tentang teologi. Orang-orang di Eropa belum menanyakan pertanyaan besar tentang agama; mereka telah mencoba menyingkirkan bentuk-bentuk primitif agama, tetapi sangat sering apa yang kita lihat di gereja-gereja saat ini adalah persis seperti agama yang orang-orang ingin singkirkan... Yesus akan ngeri dengan praktek-praktek gereja saat ini... Aku akan senang untuk menunjukkan kepadanya di sekitar Vatikan, ketika orang-orang Kristen bahkan tidak mau berbagi gereja bersama-sama. Dia akan terkejut, sama seperti Muhammad akan terkejut jika dia tahu bahwa 11 September dilakukan atas nama Islam "

Bagaimana ia berpikir bahwa dunia Barat dan Islam dapat jalan bersama? Apakah ada kesamaan di antara mereka?

Armstrong berpendapat bahwa kedua belah pihak harus mencoba dan berurusan dengan ekstremisme di tengah-tengah mereka. "Barat, suka atau tidak, adalah kenyataan hidup," katanya. "Muslim harus mencoba untuk menggunakan media; mereka harus belajar untuk melobi seperti orang Yahudi, dan mereka harus memiliki lobi Muslim, jika Anda suka .... ini adalah jihad, upaya, perjuangan, yang sangat penting. Jika Anda ingin mengubah media, maka anda harus membuat orang melihat bahwa Islam adalah kekuatan yang harus diperhitungkan dalam politik dan budaya. Berbaris di jalan di Ground Zero di  New York, sebutlah 'Muslim Menentang Teror'. Mereka perlu belajar bagaimana mengelola media dan bagaimana memperlakukan diri mereka di media. "

"Demikian pula, Barat harus belajar bahwa mereka harus berbagi planet dengan kesetaraan dan tidak dengan bawahan. Ini berarti memberi ruang kesetaraan pada konflik seperti antara Israel dan Palestina. Ini tidak berarti hanya  menggunakan pemerintah untuk mendapatkan minyak: anda mempromosikan Saddam Hussein satu hari, dan hari berikutnya ia menjadi musuh publik nomor satu. Barat mempromosikan orang-orang seperti Shah Iran hanya karena keserakahannya akan minyak meskipun ia telah melakukan kekejaman terhadap rakyatnya sendiri. Tidak boleh ada lagi standar ganda, karena standar ganda adalah kolonialisme dalam bentuk baru. Orang-orang Barat juga harus memisahkan diri dari prasangka yang diwariskan tentang Islam"

"Muslim bisa menjalankan negara modern dengan cara Islam, dan ini adalah apa yang Barat harus lihat... Ada berbagai macam cara di mana orang bisa menjadi modern, dan umat Islam harus diizinkan untuk datang ke modernitas dengan syarat mereka sendiri dan memberikan kontribusi Islam yang khas untuk  itu."





Karen Armstrong diwawancarai oleh Omayma Abdel-Latif.
From "Islam and West"

Temukan artikel-artikel tentang Islam lainnya di: http://lintas-islam.blogspot.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori politik dengan judul Islam dan Barat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lintas-islam.blogspot.com/2011/03/islam-dan-barat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Lintas Islam - Tuesday, March 15, 2011

Belum ada komentar untuk "Islam dan Barat"