Islam Untuk Semua Umat

Siapakah "Muslim Moderat"?

"Istilah Muslim moderat tidak hanya menjadi penting dalam diskusi Islam dan Barat pasca 11 September, tetapi juga menjadi sangat diperdebatkan. Apa yang benar-benar berarti ketika kita mencap seseorang sebagai seorang Muslim moderat? Sesungguhnya pertanyaan yang lebih menarik adalah apa arti kata tersebut bagi orang Barat yang melihat ke dalam Islam, dan bagi Muslim yang melihat keluar dari dalam Islam?"
Oleh Khan Muqtedar, Ph.D.

Sebagai orang yang mengidentifikasi diri kuat dengan gagasan Islam liberal dan juga melakukan advokasi moderasi dalam manifestasi dan ekspresi politik Islam, saya percaya bahwa sangat penting bahwa kita untuk membuat jelas "identitas politik" ini. Dalam era ketika "siapa kita" menentukan apa yang kita lakukan dalam politik, sangat penting bahwa kita memperjelas istilah "kita" dalam politik.

Media Amerika menggunakan istilah Islam moderat untuk menunjukkan seorang Muslim yang baik pro-barat dalam politiknya atau yang sedang mengkritik dirinya dalam wacananya. Oleh karena itu masing-masing Karzai - Presiden Afghanistan dan Profesor Kahlid Abul Fadl dari UCLA memakai topi ini dengan bahagia, yang pertama untuk politiknya dan yang terakhir untuk ide-idenya.

Muslim pada umumnya tidak suka menggunakan istilah tersebut, karena pengertiannya untuk menunjukkan individu yang secara politis telah menjual kepada "pihak" lain. Dalam beberapa perdebatan intelektual internal, istilah Muslim moderat diartikan untuk menunjukkan seorang Muslim yang lebih sekuler dan kurang Islami daripada yang normatif, yang bervariasi di masyarakat. Di Amerika, seorang Muslim moderat adalah orang yang menjajakan bentuk Islam yang lebih lembut - Islamnya John Esposito dan Karen Arm Strong - yang bersedia untuk hidup berdampingan secara damai dengan orang-orang dari agama lain dan merasa nyaman dengan demokrasi dan pemisahan politik dengan agama.

Media Barat dan Muslim, merugikan istilah ini dengan mencap beberapa Muslim sebagai moderat berdasarkan garis politik mereka. Orang-orang ini secara umum dipahami sebagai oportunis dan mementingkan diri sendiri. Sebagian besar rezim moderat di Dunia Muslim tidak demokratis atau memanifestasikan sisi lembut Islam. Jadi secara intelektual tidak mudah dalam membuat kriteria untuk menentukan siapa yang merupakan seorang Muslim moderat, dan terutama bila dibandingkan dengan siapa, karena istilah moderat adalah relatif.

Baik media Muslim dan media pada umumnya menandai muslim moderat sebagai reflektif, self-kritis, pro-demokrasi dan pro hak asasi manusia dan sekuler. Tetapi dengan siapa mereka berbeda dan bagaimana?

Saya percaya bahwa Islam moderat berbeda dari Muslim militan meskipun keduanya sama-sama menganjurkan pembentukan masyarakat yang diatur oleh prinsip Islam. Perbedaan antara Muslim militan dan moderat adalah dalam orientasi metodologis (mazhab) mereka dan dalam preferensi normatif primordial (dasar hukum agama) yang membentuk interpretasi mereka tentang Islam.

Bagi Muslim moderat, Ijtihad adalah pilihan metode yang disukai untuk perubahan politik dan sosial dan Jihad militer adalah pilihan terakhir. Sedangkan bagi umat Islam militan, Jihad militer adalah pilihan pertama dan Ijtihad adalah bukan pilihan sama sekali.

Ijtihad secara sempit dipahami sebagai alat hukum yang memungkinkan penalaran independen untuk mengartikulasikan hukum Islam pada isu-isu di mana sumber-sumber tekstual tidak dapat berbicara. Asumsi tak tertulis mengatakan bahwa bila teks telah berbicara maka tidak dibutuhkan alasan-alasan. Tetapi intelektual Muslim moderat semakin melihat ijtihad sebagai semangat pemikiran Islam yang diperlukan untuk menyegarkan ide-ide Islam dan peradaban Islam. Tanpa ijtihad, pemikiran Islam dan peradaban Islam akan jatuh ke dalam pembusukan.

Bagi Islam moderat, Ijtihad adalah cara hidup, yang sekaligus memungkinkan Islam untuk memerintah tertinggi dalam hati dan pikiran untuk mengalami kebebasan yang tak terkekang pemikiran. Oleh karena itu seorang Muslim moderat adalah orang yang menghargai kebebasan berpikir sementara mengakui perlunya eksistensi iman. Mereka bercita-cita untuk perubahan, tetapi melalui kekuatan pikiran dan bukan dengan menanam ranjau darat.

Muslim moderat menginginkan suatu masyarakat - sebuah kota kebajikan - yang akan memperlakukan semua orang dengan martabat dan rasa hormat. Tidak akan ada ruang untuk intimidasi (pemaksaan) norma agama atau politik. Individu akan bercita-cita untuk menjalani kehidupan etis karena mereka mengakui keinginan tersebut. Masyarakat akan bersaing dalam berbuat baik dan politik akan berusaha untuk mendorong kebaikan dan melarang yang jahat. Mereka percaya bahwa internalisasi (mendakwahkan) pesan Islam dapat membawa transformasi sosial yang diperlukan untuk pembentukan kota berbudi luhur. Satu-satunya arena di mana Muslim moderat mengizinkan sesuatu yang berlebihan adalah dalam hal idealisme.

Saat ini, hubungan antara Islam dengan yang lainnya semakin buruk. Muslim Militan menabur benih racun dan kebencian di antara Muslim dan umat manusia lainnya dengan melakukan tindak kekerasan mengerikan atas nama Islam. Dalam keadaan genting, menjadi penting bahwa setiap orang menemukan dan memelihara contoh indah dari banyak Muslim moderat yang masih dapat kita temukan.

Chandra Muzaffar di Malaysia, Tarik Ramadan di Eropa, Maulana Waheeduddin Khan dan Asghar Ali Engineer di India, Khalid Abul Fadl dan Louay Safi di AS, Karim Soroush dan Muhammad Khatami di Iran dan masih banyak lagi yang berkomitmen untuk Jihad (berjuang) dalam menghidupkan kembali semangat ijtihad. Untungnya tradisi ini hidup secara global, sehingga membutuhkan dukungan dan perhatian dari semua yang bercita-cita untuk perdamaian dan saling pengertian.

Muqtedar Khan, Ph.D.
Direktur Kajian Internasional, Adrian College, MI
Asosiasi Ilmuwan Sosial Muslim
Pusat Studi Islam dan Demokrasi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori politik dengan judul Siapakah "Muslim Moderat"?. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lintas-islam.blogspot.com/2011/03/siapakah-muslim-moderat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Lintas Islam - Thursday, March 3, 2011

Belum ada komentar untuk "Siapakah "Muslim Moderat"?"